Total Tayangan Laman

Perhatian....!!!! tips merawat burung hantu Celepuk (otus lempiji)

 15-12-2010

ane pelihara celepuk (otus lempiji), umur sih sekitaran 2 bulanan, baru 1 minggu udah muncul masalah...
ternyata ada kutu di bulu2 halusnya (bulu bayi)...kecil banget, tapi lumayan klo gigit kulit bisa bentol2 kaya orang lagi alergi...
tanya2  penjual perlengkapan burung di pasar burung malang, katanya ane suruh pake nih barang...
kututox - anti kutu.jpg
pemakaian bisa d taburin langsung ke bulu burung kaya bedak, ato di campurin air terus d semprotin kaya mandiin burung biasanya ....
dosisnya sih menurut d wadahnya cukup dilakukan 10 hari sekali...
n klo mau lebih efektif, kandangnya juga jgn lupa d semprot n di bersihkan tiap hari....

sebenarnya udah gatel pengen mandiin nih celepuk biar bersih n g kutuan...tp g tega, gan...masih kecil, ane takut malah mati kedinginan...
untuk masalah pakan, ane bikin 3x sehari, sementara masih jangkrik yg utama, siang sekitar 5 ekor, sore 5 ekor, n malam hari 7 - 10 ekor (khan nocturnal...hehehehe) ...
adek ane sih punya saran, agar di kasih daging ayam, 1 minggu ato 2 minggu sekali, walupun, Tyto Alba ato Barn Owl, katanya tidak boleh d kasih makan daging ayam....
n jangan lupa, kalo kasih makan...ajarain or latih supaya mereka gerak memburu...hehehehee
 selain olahraga juga melatih insting ilmiah mereka sebagai predator..arrrghh!!!!!!
tunggu tips n info selanjutnya..... okay.....

13 komentar:

  1. TERNYATA......

    owl seneng bgt mandi(terutama buffy),kalo ujan jg owl dmen bgt maenan aer.
    Tp kalo sekiranya suhu skitar drop dkrnakan faktor musim hujan dsb lbh baik jangan untk menghndari hal2 tdk d inginkan.
    Untk mslh weathering d perbolehkan,tp dliat juga apa jenis owlnya.
    Kalo yg bnyk d youtube kn snowy owl n eurasian eagle owl yg hidup diurnal atau siang hari,jd y wajar mreka bsa dtrain siang2 n brti boleh pula weathering scr lgsg(kna snar mthr lgsg).
    Tp untk jenis2 yg aktif malam(nocturnal) sebaiknya weatheringny tdk scr lgsg.misalnya dgn weathering dbwh phon dgn mnggunkan chaya yg masuk dari celah2 dedaunan .
    Karena dkhawatirkan akan mengganggu kshtan mata dari owl tsbt.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. klo gitu d mandikan aja ya bos..
    biar g kutuan...

    BalasHapus
  4. serius nih nggak boleh dikasih makan daging ayam? emang efeknya apa?

    BalasHapus
  5. daging ayam serius ga boleh...coz tuh daging kan udh disuntik suntik dan pakannya juga banyak mengandung bahan kimia,jadi ntar berpengaruh pada kesehatan burung (tapi kalo ayam kampung, mending ane sendiri aja yg makan...hehehehehe...)
    sedangkan makanan asli dia di alam kan tikus,serangga2,kodok, ato ikan2 gitu...

    >>>begitukan kk yudhis....<<<<<

    BalasHapus
  6. kalau burung hantu yang banyak dijual di pasar burung malang itu jenis apaan ya?

    BalasHapus
  7. Sedikit cerita.
    Ane baru beli burhan jenis celepuk gitu. Kenapa setiap pagi dia gamau di kasih makan. karena ane ga punya kadang (khusus) buat burung hantu, ya ane pake kandang burung biasa. emang sih bulunya itu udah keluar (bukan kapas) ane kurang tau udah berapa bulan tuh umurnya. nah ane kasih makan pake tangan ane, dia malah goyang goyang doang kepalanya. ane tusuk ke lidi tuh jangkrik juga tetep gamau. tapi kalo malam hari, ane tusuk lidi jangkriknya baru dimakan.. tolong pencerahannya :)

    BalasHapus
  8. hahaha kan waktu siang dy istirahat coy ....dy kan hewan nocturnal......tapi buktinya ga tuh punya guwe..kadang kuberi makan.pagi,to,siang,,...ta kasih mau kok makan...malah habis banyak jangkriknya...hehehe

    BalasHapus
  9. kalo di beri makan tahu gimana gan??

    BalasHapus
  10. gan otus lempiji beli harga berapa...???

    BalasHapus
  11. koq burung hanntu ku nggak mau di latih ya
    (usia 2 mingguan)

    BalasHapus
  12. misii admin, mau ngiklan. bagi yang handle clepuk, kami menyediakan equipment agar bop tidak kabur dan merasa nyaman.

    kunjungi:
    http://www.kaskus.co.id/post/512ed9dd1dd719d031000019#post512ed9dd1dd719d031000019

    BalasHapus
  13. bagi yang berminat silahkan beli burung hantu clepuk ane cukup 100rb aja uda lumayan gede ada equipmentnya juga dr kulit ,silahkan bisa menghubungi 083842108900 ane didaerah semarang
    misi ya mas admin ane buka lapak disini hehehe

    BalasHapus